Kwarcab Agam Bekali Peserta Jambore Demokrasi Pelajar Dengan Pengetahuan Jurnalistik

 

Lubuk Basung, Kwarcab Agam 

Belasan peserta Jambore Demokrasi Pelajar Pilkada Tahun 2024 dari Kwarcab Agam mengikuti program pelatihan jurnalistik di sekretariat Kwarcab Agam, Rabu (8/5).

Sekretaris Kwarcab Agam, Khairul Koto, mengatakan, peserta diberikan pengetahuan tentang jurnalistik agar saat berkegiatan di lokasi perkemahan dapat melaporkan peristiwa atau informasi yang ada untuk di ekspos melalui media yang ada yaitu media internal kwarcabagam.org.

" Selain itu juga bisa dikembangkan ke media massa lainnya yang membutuhkan," katanya.

Meski transfer ilmu jurnalistik melalui pembina bidang humas Kwarcab Agam relatif pendek karena waktu terbatas, setidaknya dapat dikembangkan sesuai kemampuan masing-masing.

Mudah mudahan keberadaan website yang dimiliki terisi sepanjang waktu dan dapat dibaca oleh masyarakat pramuka di Agam dan lainnya.

"Tentunya semua itu hasil karya adik adik pramuka berbakat dalam mengembangkan potensi menulis,": katanya.


Mursyidi, bidang humas, teknologi informasi kemitraan dan kerjasama Kwarcab Agam menyampaikan, secara bertahap aktifitas jurnalistik ini akan terus ditingkatkan menjadi lebih baik dan berkembang di masa selanjutnya.

"Sumber daya manusia ada dan banyak, website untuk wadah berkarya ada, dan aktifitas kepramukaan sangat dinamis dari masa ke masa di Kabupaten Agam dan lainnya," katanya.

Apalagi dalam kondisi saat ini dilakukan kerjasama dengan KPU untuk mewujudkan program demokrasi pelajar, sehingga dengan adanya penguatan kelembagaan yang ada saat ini semakin memperkokoh keberadaan gerakan pramuka di tengah masyarakat Agam dan lainnya.

Paling kurang, peserta jambore demokrasi pelajar saat ini merupakan kader lanjutan setelah banyak kader pramuka sebelumnya yang sudah pasif menulis.

"Kita optimistis, program ini terus berlanjut dan mampu mengimplementasikan program pembentukan karakter bangsa menjadi lebih baik," katanya.

Zainal Abadi, Devisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Agam mendukung sepenuhnya program yang dilakukan oleh Kwarcab Agam dan akan dikembangkan di masa selanjutnya. Baik dari segi pemantapan ilmu jurnalistik, kepemiluan dan pengabdian masyarakat sesuai program Kwarcab Agam dan KPU Agam.(Ms)

Komentar