Rutinitas Latihan Pramuka MAN 4 Agam


Tanjung Raya- Anggota Pramuka Gudep 09.111-09.112, Ambalan Buya Hamka & Rasuna Said, Pangkalan MAN 4 Agam melaksanakan Pelatihan Pramuka, Jum'at (5/11). 

Pelatihan Pramuka ini merupakan salah satu ekstrakulikuler wajib di MAN 4 Agam, yang diwajibkan bagi siswa siswi kelas X.
"Peluit berbunyi petanda Upacara Pembukaan Pelatihan Pramuka dimulai," kata Ivan Saputra dalam amanatnya.
Anggota Pramuka MAN 4 Agam berlari ke lapangan dan membuat barisan sesuai dengan tingkatannya, mulai dari Bantara, CABA dan Peserta.
 Upacara Pelatihan Pramuka kali ini dipimpin oleh Pradana yang bernama Nurlela.
 "Terima kasih kepada kakak Bantara yang telah hadir meluangkan waktunya untuk melatih Pramuka pada kali ini,"katanya. 
 Tetap semangat, jaga kekompakan dan luruskan niat adek-adek di barisan CABA ini. 
Serta jalani proses yang ada karena usaha tidak akan menghianati hasil.
Setelah upacara, masing-masing tingkatan disuruh  memasuki lokal yang telah ditentukan. 
Pelatihan diambil alih oleh kakak Bantara dan menjalankan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. 
Pelatih lainnya,
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, empat orang Purna Bantara Angkatan 11 datang ke MAN 4 Agam, diantaranya yaitu Ilhan Pahlevi, Rizki Al-Fajri, Ikhsanul Khairi dan Zuril Fadli Yahya.
"Kehadiran kami ini bertujuan menjalin silaturrahmi antar anggota Pramuka MAN 4 Agam, dan sebagai bukti pernah menjadi bagian dari keluarga besar MAN 4 Agam,"katanya Ilhan Pahlevi.
Memasuki waktu sholat Ashar, Kakak Bantara yang mengambil alih CABA dan peserta, memberhentikan kegiatan dan menyuruh mereka untuk melaksanakan sholat yang sebagaimana kewajiban bagi umat Islam, dan bentuk pengamalan dari Tri Satya dan Dasa Dharma yang diterapkan.
Selain itu dipesankan, kegagalan bukanlah suatu kesalahan, orang gagal itu biasa, tetapi ketika ia gagal ia menyerah, itulah baru yang dinamakan suatu kesalahan.
Dalam kesempatan yang sama, Fuji Lestari, salah seorang pelatih, juga mengatakan, agar selalu mengingat pesan yang disampaikan.
"Untuk adek-adek CABA ingat pesan-pesan kakak tadi, tetap semangat, jangan pernah menyerah, terus berusaha dan jalani prosesnya. Karena, usaha tidak akan menghianati hasil," katanya.
Usai kegiatan, dilakukan evaluasi kegiatan hari ini, yang merupakan rutinitas setiap selesai Pelatihan Pramuka. (Fuji)

Komentar