KWARCAB & BAWASLU SEPAKAT BENTUK SAKA ADHYASTA PEMILU “Kabupaten Agam adalah Kabupaten/Kota Pertama di Indonesia Membentuk Saka Adhyasta Prosesnya dari Bawah dan Pertama Terbentuk di Sumbar"




Kwartir Cabang (KWARCAB) Gerakan Pramuka Kabupaten Agam dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Agam bermusyawarah dan bermufakat pada 8 November 2019 di Sekretrariat Kwarcab Agam Jalan Gajah Mada Nomor 415 Lapau Talang Lubuk Basung Kabupaten Agam, dengan melahirkan kesepakatan membentuk Satuan Karya Pramuka (SAKA) Adhyasta Pemilu Kabupaten Agam.

Kesepakatan tersebut lahir dari hasil pertemuan yang dipimpin oleh Ketua Kwarcab Agam Kak Drs. H. Martias Wanto, MM didampingi Waka IV Kwarcab Kak Khairul Koto, S.Sos, Sekretaris Kwarcab Kak Benny Sastra, S.Pd, M.Pd dan Staf sekretariat Kwarcab Jasrizal Erick Saputra bersama Ketua BAWASLU Kabupaten Agam yang diwakili oleh Drs. Eri Efendi (Kordiv Penindakan Pelanggaran), Okta Muhlia, SE,M.Si (Kordiv Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga), Iska Asmarni, S.Sos (Kordiv Hukum Data dan Informasi) dan Nofriadi dari Staf Sekretariat BAWASLU Kabupaten Agam.

Pertemuan Kwarcab dengan BAWASLU ini merupakan pertemuan kedua setelah BAWASLU Kabupaten Agam pada 3 Oktober 2018 yang lalu menyambangi Sekretariat Kwarcab Agam dan bertemu dengan Waka IV Kwarcab bersama Sekretaris Kwarcab, Andalan Cabang Urusan Keuangan Kusma Betty, SH dan Sekretaris Pusdiklatcab Kwarcab Agam Yunaidi S,S.Pd,M.Pd.

“Alhamdulillah dan terima kasih atas kedatangannya di Sekretariat Kwarcab Agam. Kita, Kwarcab 0306 Gerakan Pramuka Kabupaten Agam dan BAWASLU Kabupaten Agam sepakat  untuk membentuk Saka Adhyasta Pemilu. Kita lalui semua tahapan yang telah ditetapkan, mulai dari penandatangan Memory Of Understanding (MoU),  lalu kita laksanakan Sosialisasi, dan Senin minggu depan kita laksanakan “Lounching Pembentukan Saka Adhyasta Pemilu Kabupaten Agam” memanfaatkan momentum kehadiran Kamabida Gerakan Pramuka Sumbar yang berkunjung ke Lubuk Basung” ungkap Martias Wanto Selaku Ketua Kwaracab Agam.

Menurut kak Khairul Koto Selaku Waka IV / Ketua Bidang Organisasi Keuangan Usaha dan Pengabdian Masyarakat Kwarcab Agam, Satuan Karya Pramuka yang disingkat SAKA adalah wadah pendidikan kepramukaan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat, dan meningkatkan pengetahuan, kemempuan, keterampilan dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang kejuruan, serta meningkatkan motivasinya untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupan dan penghidupannya, serta bekal pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara, sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan, dalam rangka peningkatan ketahanan nasional.

Sedangkan Saka Adhyasta Pemilu merupakan salah satu satuan karya pramuka yang merupakan wadah kegiatan ke-Adhyasta-an (pengawasan) Pemilu untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang pencegahan dan pengawasan pemilu guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pengawasan pemilu, dengan tujuan: meningkatkan partisipasianggota pramuka dan/atau masyarakat dalam pengawasan pemilu, menciptakan Pemilu yang Bebas, Umum, Langsung dan Rahasia, menjadi sekolah demokrasi bagi anggota Pramuka di bidang pengawasan pemilu, serta memberikan pendidikan khusus pengawasan pemilu bagi anggota Pramuka, sebut Khairul Koto.


“Proses pembentukan Saka Adysta Pemilu ini kita mulai dari bawah, ungkap Khairul Koto, karena berdasarkan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka bahwa untuk membentuk Saka di tingkat Nasional diperlukan syarat : Saka tersebut sudah terbentuk minimal di 9 (sembilan) Kwarda. Di tingkat Kwarda Saka sudah terbentuk minimal 30% dari jumlah Kwarcab, dan di tingkat Kwarcab sudah terbentuk 1 (satu) Saka.

“Nah, dalam rangka untuk memenuhi persyaratan tersebutlah, kita lalui proses pembentukan Saka Adhyasta ini sejak dari bawah. Dari data yang ada, Kabupaten Agam merupakan satu-satunya Kabupaten/Kota di Indonesia yang mengawali proses pembentukan Saka Adhyasta dari bawah, dan Kabupaten/Kota yang pertama terbetuknya Saka Adhyasta di Sumatera Barat”, tegas Okta Muhlia, SE,M.Si Selaku Komisioner Devisi (Kordiv) Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga BAWASLU Kabupaten Agam yang merasa bangga atas terbentuknya Saka Adhyasta Pemilu Kabupaten Agam ini. (#03.06.0002)




Komentar