"Keren - Gembira - Asyik" TASLAM 3 KWARRAN IV KOTO DITABUH



 
Kegiatan Lintas Alam ke-3 (TASLAM 3) Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan IV Koto yang bertemakan “Keren Gembira Asyik” dibuka secara resmi oleh Ketua Kwarcab Agam diwakili Waka I kak Isra, Sabtu 26 Oktober 2019 di Great Wall Of Koto Gadang” Nagari Koto Gadang Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam.
Atas nama Gerakan Pramuka Kabupaten Agam ungkap Ketua Kwarcab Agam dalam sambutannya yang dibacakan oleh kak Isra, Saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi dan acungan jempol yang luar biasa kepada Kamabiran beserta Anggota Mabiran serta kepada Pengurus dan Andalan Ranting Kecamatan IV Koto, yang telah menggelar TASLAM 3 ini. Semoga kegiatan Lintas Alam ini bermanfaat dalam menunaikan tugas menyiapkan generasi muda penerus bangsa, pengganti tonggak estafet kepemimpinan di masa datang, yang sehat, kuat, tangguh dan berkualitas serta sesuai dengan 4 Prinsip Dasar Kepramukaan dan 8 Metode Kepramukaan.


Penjelajahan atau Lintas Alam bagi pramuka, tegas Kakwarcab, merupakan kegiatan yang mengandung pendidikan di alam terbuka, kegiatan yang menarik, menyenangkan dan menantang, serta dapat mengembangkan kecintaan adik-adik kepada alam dan menambah wawasan tentang lingkungan. 
Bagi Anggota Pramuka yang suka bertualang, mengatasi sebuah tantangan memberikan kebanggaan tersendiri. Namun untuk mengatasi tantangan diperlukan pencurahan daya pikir dan pisik. Tantangan hanya dapat dijawab dengan kreativitas, percaya diri, keteguhan hati, keuletan, pengetahuan dan pengalaman. Lintas Alam merupakan kegiatan yang dapat mengembangkan dan membina : Sikap Prilaku dan Moral Pancasila; Keterampilan Manajerial;  Keterampilan Kepramukaan; dan Keterampilan IPTEK.
Untuk itu, ucap kak Isra yang hadir bersama kak Khairul Koto (Waka IV Kwarcab), kepada adik-adik Peserta TASLAM 3, ikuti dan nikmati kegiatan Lintas Alam ini dengan baik, serius, santai, tertib dan disiplin. Jaga tutur kata perbuatan dan sikap yang tidak pada tempatnya. Hati-hati dan jaga kesehatan serta selalu tetap berdoa kepada Allah SWT selama dalam perjalanan.

Dalam sambutan Ketua Kwarcab juga dibarengi dengan sebuah pantun yang mendapatkan aplus luar biasa dari Peserta TASLAM 3, termasuk 60 orang Kamabigus dan Pembina Pendamping, serta 25 orang Panitia Pelaksana 5 orang DKR. Bunyi pantun tersebut adalah :

Buah duku masak didahan
Ambil satu sisanya disimpan
Cintaku pada Pramuka bukan buatan
Bagaikan
paku lengket dipapan 

Sementara itu, Kak Astati Selaku Ketua Kwarran IV dalam laporannya menyampaikan bahwa TASLAM 3 merupakan kegiatan dua tahunan yang dituangkan dalam Program Jerja Kwarran IV Koto Tahun 2019. Diikuti sebanyak 600 orang peserta dari Pramuka Penggalang SD/MI dari 22 sekolah dan Pramuka Penggalang SMP/MTs dari 3 sekolah.
TASLAM 3 dengan rute, start dari Great Wall Of Koto Gadang, menyusuri Ngarai Sianok dan finish di Ngarai Lambah. Adik-adik penggalang ini juga berkompetisi dengan 6 jenis lomba, yaitu : Lomba Nasi Bungkus Unik, Lomba Shalat Zubur Berjamaah, Lomba Semaphore, Lomba Sandi, Lomba Pionering dan Lomba Melukis Alam, ungkap Astati.

Kehadiran Waka I yang juga Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Agam bersama Waka IV Kwarcab turut membangkitkan motivasi dan semangat para peserta, termasuk Pengurus/Andalan Ranting, Kamabigus dan Pembina Gudep. Alhasil pengibaran bendera star dilakukan secara bergantian, diawali dari Waka I Kwarcab, dilanjutkan oleh Waka IV Kwarcab), Koordinator Unit Kerja Dikbud, Danramil, Ketua Kwarran, Pengawas Sekolah, Andalan Ranting, Kamabigus serta DKR. (#03.06.0002)

Komentar